Minggu, 29 April 2012

MANUAL DAN PROSEDUR MICROTRAINING


MANUAL DAN PROSEDUR MICROTRAINING

Manual dan prosedur microtraining merupakan panduan latihan sistematik yang meliputi latar belakang atau rasional, tujuan, materi, tingkat pencapaian (achievement level), proses atau prosedur latihan, dan evaluasi.
Satu persatu tekhnik konseling yang dianggap penting akan diberikan manual dan prosedur latihannya. Sebagai contohnya adalah empati.
·      Empati
-       Rasional
Seorang calon konselor harus dilatih agar peka terhadap perasaan konseli, memahami pikirannya, dan mampu merasakan perasaan dan pengalaman konseli. Untuk mencapai hal tersebut maka dilatihkan tekhnik empati.
-       Tujuan
Bertujuan agar calon konselor mampu memasuki dunia dalam konseli melalui ungkapan-ungkapan empati yang menyentuh perasaan konseli. Sehingga konseli akan terbuka dan mau mengungkapkan dunia dalamnya lebih jauh baik berbentuk perasaan, pengalaman, dan pikiran.
-       Materi
a.       Latihan mengosongkan diri calon konselor dari perasaan dan pikiran egoistik.
b.      Melakukan empati primer (primary empathy).
c.       Melakukan empati tingkat tinggi (advance accurate empathy).
-       Proses Latihan
a.       Siapkan pasangan peserta dan pengamat. Setiap pasang mempelajari dialog-dialog empati yang sudah disiapkan oleh pembimbing.
b.      Pelatih atau pembimbing menjelaskan materi dan proses latihan.
c.       Menonton video empati (kalau ada).
d.      Pasangan-pasangan peserta berperan sebagai konselor dan konseli. Konselor mengosongkan diri dari sifat egois dan melihat ke dunia dalam konseli.
e.       Konselor dan konseli melakukan dialog empati.
f.       Pengamat mengamati perilaku verbal dan nonverbal konselor.
g.      Diadakan diskusi dan evaluasi bersama hail pengamatan para pengamat, pembimbing, dan kelas. Pembimbing dan pengamat mengevaluasi dengan menggunakan alat evaluasi.

0 komentar:

Posting Komentar